Sunday 15 November 2015

Jiro Dreams of Sushi: A Perfect Documenter of Japanese Spirit in Sushi


Who doesn't love sushi? Sushi harus langsung dimakan saat disajikan. Sashimi harus segar, bukan ikan yang lama disimpat di freezer. Rasanya harus menyenangkan, tidak amis. Gampang dicari di mana-mana, tapi Jiro sang koki sushi adalah koki sushi yang sempurna.
Sukiyabashi Jiro Sushi by Jiro Ono
Terletak di daerah Gonza, di basement gedung perkantoran yang terhubung denga stasiun Metro atau kereta bawah tanah. Resto ini berhasil meraih 3 bintang Michelin dengan sang koki master bernama Jiro Ono yang umurnya mungkin sekarang sudah 88-90tahun? Pe-orang akan di sajikan sekitar 20 jenis sushi dengan harga per orang sekitar 300-400 US dollar. Itung aja sendiri berapa rupiah. Huehehe


Jiro membuat sushi dari ikan terbaik yg Ia temukan di tukang ikan langganan. Takjub loh liat di sana ikannya gede-gede kayak buaya. Udah gitu tukang ikannya nggak kayak di pasar Endonesa gitu. Tukang ikannya elit, bersih, pake name tag, ga belepotan darah bajunya, kece.


Pak Jiro bikin milih ikan terbaik dari dermaga. Dia masak nasi dengan cara yg paling rumit. Potong ikan ribet. Suhu sushi harus sesuai suhu tubuh. Ukuran sushi harus sesuai gender. Disajikan di kanan atau kiri pembeli sesuai tangan yg mereka gunakan; kidal atau tidak. Urutannya juga sesuai yg udah direncanakan karna blablabla.

Adapun beberapa menu seperti berikut:





Ngiler kan! Habis nonton ini saya pengennya ngacir jalan kaki ke Sushi Tei terdekat sendirian. Eh gagal jalan, akhirnya masak scrambled egg campur cabe dan daun bawang, dimakan pake nasi panas. Ga ada sushi-sushinya, cuma ditaburin furikske hehehe emang dasar celamitan aja sih.


No comments:

Post a Comment