Thursday 5 September 2013

Danur: Pengalaman Nyata Risa Sarasvati Tentang Kemampuannya

Danur, buku ciptaan Risa Sarasvati, berisi tentang pengalaman pribadinya sebagai wanita yang memiliki indra ke enam. Danur sendiri berarti air yang muncul dari jasad makhluk hidup yang sudah mati dan membusuk. Kesannya buku ini horror dan mengerikan bukan?
Salah total.

Buku ini membuka kehidupan dari dunia lain. Membuat saya tahu bagaimana nasib arwah orang yang bunuh diri tidak lebih bahagia dari penderitaannya waktu hidup. Melalui buku ini, saya jadi sedikit mengerti tentang perasaan Risa Sarasvati terhadap mahkluk-mahkluk tersebut, kasihan. Walaupun saya juga nggak tau juga ya kalo berhadapan langsung dengan mahkluk seperti itu (sekalipun saya pencinta film horror).

Melihat review Danur dari Femina sebelum sidang skripsi,
bikin saya ingin beli untuk hiburan :P
Risa ini tidak hanya melihat, tapi juga berteman dan kadang membantu. Teman masa kecilnya bukan dari dunia ini, tapi mampu melindunginya dari arwah jahat lainnya.
Waktu itu Risa belum cukup dewasa untuk mengerti bahwa teman-teman baiknya bukanlah dari dunia ini dan hampir semua orang tidak dapat melihatnya. Temannya kebanyakan hantu Belanda yang di bunuh secara brutal oleh tentara Jepang. Sedih bacanya waktu tau si anak Belanda belum begitu mengerti apa yang terjadi. Keluarganya bahkan begitu baik terhadap pribumi. Jangan sok tahu tentang kehidupan luar dunia kita kalau emang bukan termasuk orang yang berkarunia plus itu. Buku ini banyak membantu kita mengerti tantang dunia lain dengan tutur bahasa Risa yang jujur dan penuh perasaan, karena dia memang mengalaminya.
Ini salah-satu teman baik Risa yang dia ceritakan di blognya, namanya Yanshen.

No comments:

Post a Comment